Selasa, 08 Agustus 2017

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar

Mesin Cuci memiliki 2 jenis tabung yang fungsinya berbeda - beda yaitu pertama berfungsi mencuci pakaian dan yang lainnya adalah berfungsi sebagai pembilas/pengering. Ya, memang tidak langsung kering 100%, tetapi hanya untuk mempercepat proses pengeringan pakaian yang dicuci pada mesin cuci.

Lalu apa jadinya bila fungsi dari pengering itu sendiri tidak berjalan ?? Sama seperti peralatan elektronik lainnya, Mesin cuci juga sangat rawan dengan kerusakan. Salah satu jenis kerusakan yang kerap dialami mesin cuci adalah pengering yang tak mau berputar. Ya, sistem pengering mesin cuci menggunakan putaran motor.

Lantas apa solusinya ?? Dibawah ini cara untuk mengetahui Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar dan cara mengatasinya :
   1. Kabel putus kasus seperti ini biasa terjadi karna kabel dimakan tikus. coba anda cek pada bagian penutup belakang, biasanya paling sering terjadi putus pada bagian kabel yang naik ke panel timer atau pas pada bagian dalam panelnya timmer.

Solusinya :
  • Sambung kabel yang putus dan sesuaikan dengan warnanya
  • Lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper / kapur barus pada bagian dalam atau bawah mesin cuci untuk mengurangi tikus datang
  • Pasang pengaman anti tikus, dengan cara memesang kawat RAM kawat LOKET pada bagian bawah mesin.
   2. Tali rem pengering putus, kasus seperti ini biasa terjadi juga karna tali rem di makan tikus,
posisi putusnya biasanya dibawah timer pengering. Rem pengering berfungsi untuk menghentikan putaran dinamo pengering secara konstan saat pintu pengering dibuka, apabila talinya putus maka dinamo akan mengerem terus (seret) walaupun pintu pengering tertutup sehingga dinamo pengering tidak kuat berputar.
Solusinya :

  * Tarik kawat seling rem dengan tali atau kawat sehingga terbuka, trus coba putar dengan tangan tabung pengering kalau sudah tidak seret berarti sudah beres.
  * Lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper / kapur barus pada bagian dalam atau bawah mesin untuk mengurangi tikus datang
  * Pasang pengaman anti tikus, dengan cara memesang kawat RAM kawat LOKET pada bagian bawah mesin.

   3. Door switch rusak ( tidak sambung ) posisinya ada di dekat timmer pengering, tapi kerusakan seperti ini sangat jarang terjadi kecuali pada mesin cuci yang saluran masuk airnya ada 2 yaitu samping kanan dan kiri, posisi kanan dekat dengan door switch pengering yang menybabkan peralatan menjadi lembab dan akan mudah ngefong ( tidak sambung ).
Solusinya : Bongkar dan bersihkan dengan kertas gosok.
   4. Kapasitor rusak, cirinya adalah ketika timmer di putar ada suara dengung yang artinya ada arus masuk ke dinamo tapi dinamo tidak bisa berputar sehingga menimbulkan suara dengung. anda bisa mengetahuinya setelah anda melakukan 3 langkah di atas. kapasitor untuk jenis mesin cuci panasonic ini bentuknya kotak berwana hitam tidak seperti kapasitor mesin cuci pada umumnya yang bentuknya bulat seperti tabung. kabelnya ada 4 yang 2 untuk pengering dan yang 2 lagi untuk pencuci.
Solusinya : Ganti dengan yang baru dan sesuaikan dengan ukuran aslinya.

   5. Timer pengering rusak, cirinya adalah ketika di putar tidak berbunyi dan tidak ada dengungan suara pada dinamo. kerusakan pada timmer pengering ini karna per di dalamnya sedah lembek sehingga sudah tidak mempunya tenaga pegas, atau bisa juga karna kemasukan semut di dalamnya
kabel timmer pengering ada 2 untuk penyambunganya terbalik tidak masalah.
Solusinya : Ganti dengan yang baru.

   6. Dinamo pengering terbakar, setelah anda sudah melakukan tahapan semua di atas anda baru bisa memvonis kalau dinamo ini terbakar. kerusakan dinamo ini sering di sebabkan karana terkena air yang bocor pada pada seal pengering yang berada tepat di atas dinamo pengering, atau bisa juga saluran air pada tabung pengering tersumbat seperti kaos kaki, sarung tangan dll sehingga air tidak langsung keluar pada saat proses spin sehingga seal pengering akan bocor.
Baca juga : Manfaat Dan Kerugian Dari Pemakaian Mesin Cuci

Solusinya :
  • Bongkar dan bawa ke tukang gulung dinamo yang profesional.
  • Ganti dengan baru, tapi perlu juga anda ketahui kalau bahwa dinamo yang di jual rata rata gulungan dari kawat almini bukan dari kawat tembaga, anda harus jeli dalam membeli.
Itulah informasi mengenai Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar yang dapat anda pahami. Semoga bermanfaat yaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar